Tips Merawat Lantai Kayu Parket Laminate

Tips Merawat Lantai kayu

Lantai Kayu Parket Laminate

Tips merawat lantai kayu parket laminate – Lantai Kayu Parket laminate yaitu jenis lantai kayu dengan harga yang paling ekonomis, Parket ini memiliki ketebalan sekitar 8 mm sampai dengan 12 mm, lantai kayu parket laminate menggunaukan Material Bahan dasar yaitu kayu olahan atau HDF dengan tingkat kepadatan AC3 atau AC4, Parket ini sering digunakan untuk tempat tempat komersil seperti restoran, kafe atau tempat komersil lainnya, Harga Lantai Parket Laminate sangat relatif ekonomis jika dibandingkan jenis lantai kayu lainnya, karena pilihan motif lantai kayu parket laminate yang kami jual pun cukup bervariasi dan kombinasi antara motik kayu import dan motif kayu lokal.

Lantai kayu Parket Laminate memiliki sifat mudah lembab dan lebih mudah menyerap air sehingga debu dan kotoran lebih susah dibersihkan. Hal-hal yang dapat menyebabkan lantai kayu rusak antara lain adalah seperti cuaca, aktivitas-aktivitas yang dilakukan, membersihkan dan merawat lantai yang salah, dan lain lain.

Walaupun parket hanya berfungsi sebagai pelapis, namun perawatannya juga harus intensif seperti lantai kayu sebenarnya. Diperlukan ketelitian dan penanganan yang sangat baik dalam membersihkan lantai kayu agar tetap bersih dan awet, termasuk mencegah dari serangan hama rayap.

Mebersihkan dan Merawat lantai kayu parket

Berikut ini adalah cara membersihkan dan merawat lantai kayu parket yang benar adalah:

  1. Jangan mengepel lantai parket karena air dapat meningkatkan tingkat kelembaban parket sehingga dapat menyebabkan perbedaan tekanan secara drastis. Hal tersebut menyebabkan sendi parket lepas sehingga lantai menjadi berbunyi ketika parket diinjak.
  2. Sapu atau gunakan alat penghisap debu dikarenakan lantai kayu parket hanya perlu dibersihkan dengan sapu dengan bulu lembut atau penyedot debu (vacuum cleaner) karena air dari kain pel bisa menyerap ke dalam lapisan plywood, maka dapat membuat kayu menjadi cepat lapuk.
  3. Jika ada kotoran kotoran makanan yang jatuh ke lantai kayu parket, segera angkat mengguanakan lap kering. Gunakan cairan pembersih khusus lantai kayu parket dengan kualitas parket untuk membersihkan bagian bagian lantai yang kotor dan terkena noda tersebut.
  4. Gunakan lapisan karet di atas furniture agar tidak menimbulkan goresan maupun cacat pada permukaan lantai parket. Kerjakan dengan hati-hati saat memindahkan furniture atau barang yang berada di atas parket. Gunakan lapisan karet di bawah furniture besar anda seperti lemari. Serta hindari memindahkan furniture dengan cara mendorong karena dapat merusak lapisan parket.
  5. Diusahakan tidak menggunakan alas kaki yang tajam atau keras di dalam rumah.
  6. Pilih kayu parket anti rayap untuk menghindari kelembaban dengan menggunakan lapisan atau bahan kimia anti rayap. Caranya dengan melakukan penyuntikan pada kepingan kayunya. Selain itu jika baru saja ingin membeli, pilih jenis parket yang telah disuntik cairan anti rayap.
  7. Untuk menjaga warna parket, sering-seringlah menukar letak perabotan  karena tinggal di daerah tropis. warna lantai kayu parket bisa memudar atau berubah warna dikarena paparan sinar matahari. Oleh karena itu anda perlu melakukan perawatan ekstra. Perawatan eksta dengan cara melakukan proses steaming setiap enam bulan sekali agar warna dan kebersihan parket tetap terjaga.
  8. Untuk membuat lebih berkilau atau membersihkan noda lama, gunakan cuka putih atau perasan air lemon yang didiamkan selama 4 menit pada lantai parket, Setelah itu bersihkan dengan kain lap bersih yang kering.

Sekian informasi tentang tips merawat lantai kayu parket laminate, semoga dapat berguna bagi anda yang membutuhkan informasi ini. Terimkasih ….

Tag: , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *