Tips Memilih Finishing Lantai Kayu

Tips Memilih Finishing Lantai Kayu

finishing

Tips Memilih Finishing – Finishing lantai kayu atau pengecatan akhir pada lantai kayu merupakan salah satu faktor yang harus anda perhatikan untuk mendapatkan hasil pemasangan lantai kayu yang sempurna. Hal ini merupakan hal penting apabila anda memutuskan untuk memilih lantai kayu untuk rumah maupun untuk area lain milik anda seperti kantor, showroom maupun yang lainnya.

Kesalahan atau kurang teliti dalam hal pemilihan jenis cat, warna ataupun tingkat gloss akan menyebabkan berkurangnya kualitas lantai kayu tersebut.

Dalam Proses Finishing Ada 2 Hal Yang Harus Jadi Pertimbangan Konsumen:

  1. keseragaman finishing/cat untuk permukaan lantai kayu yang luas.
  2. ketahanan cat / finishing terhadap goresan

Pada umumnya konsumen biasanya kurang setuju dengan aplikasi cat dengan proses semprot atau spray hal ini karena saat proses pengecetan  ini adanya polusi yang berlebihan pada keseluruhan ruangan. Konsumen merasa lebih nyaman jika finishing / pengecatan bisa diaplikasikan dengan menggunakan kuas besar, spons,  atau alat yang lainnya. Untuk cat lantai kayu yang paling terbaik dan paling banyak digunakan yaitu cat polyurethane solvent base dan cat polyurethane waterbase.

Kelebihan dan kekurangan dari cat polyurethane solvent base dan cat polyurethane waterbase: 

  • Cat polyurethane solventbased / cat berbasis solvent
    • lebih tahan lama dibandingkan dengan cat polyurethane waterbased
    • memiliki bau yang menyengat dan bau baru hilang hingga beberapa hari kemudian
    • warna sedikit yellowing atau kekuningan
  •  Cat polyurethane waterbased / cat berbasis air
    • hanya memiliki sangat sedikit bau
    • berwarna lebih jernih
    • Cat polyurethane waterbased lebih cepat mengering, sehingga dibutuhkan keterampilan / proses pengecatan yang lebih cepat. Hal ini harus dilakukan dengan tujuan untuk  menjaga keseragaman penampilan dari cat tersebut.

Dalam hal ini, cat polyurethane solventbased akan jadi pilihan terbaik bila bau dan warna tidak menjadi masalah, Sedangkan cat polyurethane waterbased akan jadi pilihan terbaik jika pelanggan permasalahkan bau dan ingin mempertahankan warna alami kayu.

Beberapa Hal Yang harus Diperhatikan:

  • Warna

Pemilihan warna yang tepat untuk setiap ruangan akan memberikan suasana yang lebih kenyaman.

  • Tingkat gloss / pantulan sinar

Terdapat beberapa pilihan seperti high gloss, Semi gloss, Satin, Dan matte. High gloss menunjukkan tingkat pantulan sinar yang maksimal sedangkan untuk matte menunjukkan tingkat pantulan sinar yang rendah.

  • Penggunaan sealer

Sealer atau bahan pengisi memiliki beberapa fungsi atau kegunaan yang berbeda. Untuk jenis kayu yang memiliki getah maka akan dibutuhkan wood sealer yang berfungsi mencegah keluarnya getah pada serat kayu yang ada. Keluarnya getah kayu akan menyebabkan munculnya jamur yang dapat merusak warna karena akan berwarna hijau atau kehitaman. Sealer juga berfungsi untuk menutup serat kayu, lekukan atau lubang yang cukup besar pada kayu akan menyebabkan tampilan kurang rapi. Pada beberapa jenis lantai kayu tertentu para konsumen menginginkan agar serat kayu tetap kelihatan, untuk kondisi ini tidak diperlukan penggunaan sealer.

Beberapa faktor yang telah disebutkan di atas wajib dipertimbangkan secara tepat untuk mendapatkan hasil finishing lantai kayu yang maksimal.

Sekian informasi dari kami tentang Tips Memilih Finishing Lantai Kayu, Semoga dapat berguna bagi kalian yang membutuhkan informasi ini.

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *