Bagaimana Cara Pemasangan Lantai Kayu Parket

PEMASANGAN LANTAI KAYU

Memasang lantai kayu memang terlihat cukup sulit, namun jika Anda sudah paham tentang seluk-beluk lantai kayu mungkin pemasangannya akan menjadi mudah. Jika Anda penasaran bagaimana cara pemasangan lantai kayu maka simak artikel berikut ini.

Cara Pemasangan Lantai Kayu

Dalam memasang lantai kayu, ada 6 cara pemasangan lantai kayu yang bisa Anda ikuti. Keenam cara ini adalah cara dasar untuk memasang lantai kayu, namun cara-cara ini juga tidak bisa menjadi acuan semua orang karena masing-masing orang mempunyai caranya masing-masing.

Lantai kayu adalah lantai yang terbuat dari kayu yang keras, padat, dan mempunyai penampilan yang menarik sehingga memberikan gaya dan nilai tambah untuk rumah Anda. Biasanya lantai kayu dipasangan untuk ruang tamu, rumah makan, kamar tidur, dan dapur. Saat Anda membeli lantai kayu, maka Anda perlu pertimbangkan apakah itu kayu asli dan produsennya mempunyai garansi. Anda harus memilih lantai kayu dengan hati-hati karena harga lantai kayu cukup mahal. Jika Anda memilih lantai kayu yang jelek maka Anda bisa rugi.

Baca juga : Harga Lantai Kayu Murah

 

Cara Pemasangan Lantai Kayu Parket

Langkah 1

Jika Anda ingin lantai kayu parket lurus maka aturlah dengan sisi lidah menghadap ke tengah ruangan. Beri jarak juga antara dinding ruangan dan lantai sehingga cukup untuk menjadi pembatas dan juga untuk mengatur kayu dari suhu dan kelembapan. Lubangi paku ¼ inch dari sisi sempit kayu dan juga ½ inch dari dinding. Lalu lanjutkan pada interval 6 inch untuk setiap panjang kayu.

Langkah 2

Kemudian buatlah pola untuk jembatan awal yang nantinya akan digunakan untuk memasangkan lantai kayu parket pada pembatas. Cocokan sudut tersebut dengan material yang tersedia lalu sesuiakan juga ukuran kayunya. Anda bisa menggunakan metode blind-nailing untuk menyembunyikan paku dengan menggunakan papan untuk pembatas dan lidah. Doronglah paku pada sudut 45 derajat melalui lidah dan sembunyikan dengan menggunakan alur dari papan berikutnya. Pastikan sudut yang menjadi awal pemasangan di bawah permukaan kayu sudah tepat untuk mencegah kerusakan pada kayu.

Langkah 3

Kunci lidah dan alur pada baris ke dua dan tekan lantai kayunya secara bersamaan dengan palu. Blok kayunya pula sehingga ukuran material dan papan bisa cocok. Jika perlu, Anda bisa juga memotong papan yang terakhir.

Langkah 4

Blind-nailing lagi dan ulangi proses diatas sampai Anda bisa menggunakan nailer. Nailer floor butuh ruangan yang cukup untuk bisa digunakan. Biasanya nailer tidak bisa digunakan hingga 2 sampai 4 baris ke lantai. Jika Anda menggunakan nailer floor maka pastikan untuk menggunakan pelindung agar lantai tidak tergores.

Langkah 5

Saat Anda sudah sampai ke baris terakhir maka Anda cukup memaku dengan menggunakan palu. Pada baris terakhir, ukur potongan kayu dan ukur jarak dari dinding ke papan. Jika tersisa kurang lebih 1 inch, maka gunakan lem kayu sedikit saja untuk lidah dan pasang potongan kayu untuk melindungi dinding. Jika tidak menggunakan cara tersebut, maka bagian akhir lantai kayu Anda akan berbenturan dengan dinding sehingga kayu akan rusak. Karena itu Anda harus mengukurnya dengan tepat.

Langkah 6

Jika lantai kayu Anda belum dicoat, maka Anda bisa melakukan finishing. Namun sebenarnya sampai langkah kelima pun sudah cukup. cara-cara di atas adalah cara modern, sebenarnya masih ada banyak cara pemasangan lantai kayu Parket mulai dari sistem puzzle, sistem lem, dan sistem tembak.  Namun cara pemasangan lantai kayu Parket yang ini membutuhkan alat modern.

Baca juga: Jual Lantai Kayu Engineered

lantai kayu parket

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *