Lantai Vinyl Vs Parket, Mana yang Paling Bagus?

Lantai Vinyl Vs Parket

Manakah yang lebih bagus, Lantai Vinyl vs Parket ? Ketika Anda membuat suatu rumah, pastinya Anda akan memilih segala sesuatunya dengan sangat berhati-hati demi kenyamanan rumah Anda. Selain kenyamanan juga Anda pastinya ingin rumah Anda terlihat sedikit indah atau elegan. Sehingga pemilihan barang ini tentu saja tidak boleh sembarangan. Seperti pemilihan lantai untuk rumah ini apakah cocok apabila digunakan lantai vinyl ataukah parket? Oleh karena itu, mari kita lihat bagaimana perbedaan-perbedaan dari lantai vinyl vs parket ini.

Perbedaan yang paling mencolok bagi keduanya adalah dari bahannya. Pada lantai dengan vinyl ini menggunakan bahan PVC (Polyvinyl chloride) sebagai bahan dasarnya. Sedangkan untuk Lantai parket seperti yang sudah kita ketahui menggunakan bahan dasar serbuk kayu.

Kekurangan serta Kelebihan Lantai Vinyl dan Parket

Lantai Parket

Baik lantai parket maupun vinyl mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Lantai vinyl vs parket dapat dilihat dari kelebihan dan kekurangannya. Seperti kelebihan parket yang dapat memberikan suhu ruangan yang hangat, memberikan tampilan yang natural dan elegan, dan pemasangan yang mudah.

Kekurangan dari parket ini adalah dari harga lantai parket yang relatif lebih mahal. Hal tersebut disebabkan bahan kayu yang digunakan biasanya kayu yang terbaik yang dapat tahan lama beberapa tahun ke depan. Karena terbuat dari kayu, lantai parket rentan dengan kelembaban yang nantinya dapat menyebabkan jamuran dan banyak bakteri. Maka dari itu lantai parket sangat membutuhkan perawatan yang sangat ekstra. Parket juga sangat mudah tergores, dan sulit untuk dibersihkan kembali ketika sudah tergores.

Lantai Parket

 

Lantai Vinyl

Sedangkan lantai vinyl sendiri yang terbuat dari bahan kimia yaitu PVC yang fleksibel terhadap motifnya. Sehingga akan menggunakan motif apapun dengan vinyl ini bisa, namun yang lebih sering digunakan adalah motif natural seperti kayu.  Kelebihan dari vinyl yaitu harga lantai vinyl yang relatif murah, dengan menampilkan motif bahan yang natural seperti aslinya namun menggunakan bahan yang sintesis. Seperti yang sudah diketahui motif vinyl sangat beragam karena bisa merupakan vinyl motif kayu. Vinyl tahan terhadap kelembaban dan juga awet. Serta yang lebih menguntungkan adalah perawatannya yang tidak begitu sulit seperti parket. Tetapi kelemahan dari lantai vinyl adalah bahannya yang tidak begitu baik bagi kesehatan, kemudian rawan rusak jika terkena benda-bendar tajam. Ketika sudah rusak sulit dalam perbaikannya sehingga jika ada yang rusak sedikit saja harus dibongkar serta diganti yang baru.

lantai vinyl

 

Lantai vinyl vs parket ini memang tidak hanya terletak pada kekurangan dan kelebihannya saja. Selain pada kekurangan dan kelebihan, pemasangan lantai vinyl vs parket juga berbeda.

Pemasangan Lantai Parket

Pemasangan lantai parket cenderung lebih seperti pemasangan puzzle. Dimana setiap bagiannya seperti sudah tersusun, sehingga pemasangan dilakukan dengan mencocokan. Namun sebelumnya beri lapisan aci atau poly foam terlebih dahulu pada dasar lantai sebelum dipasang parket. Setelah parket terpasang untuk membuat menjadi sangat rapat jangan sampai lupa untuk mencocokan lidah parket. Pasangkan lidah parket kemudian kunci dengan memalunya.

Pemasangan Lantai Vinyl

Sedangkan untuk pemasangan vinyl dapat menggunakan lem kuning (Aibon) yang dioleskan pada lantai dasar terlebih dahulu. Setelah itu tunggu sampai suasananya cocok, kemudian tempelkan vinyl dengan sangat hati-hati pada lem tersebut. Untuk membuat lebih rekat maka gunakan alat bantu seperti rolling untuk membuat vinyl menempel pada lem tersebut.

Sangat terlihat bukan bagaimana perbedaan antara lantai vinyl vs parket ini. Jika Anda ingin menggunakan salah satu dari kedua jenis produk tersebut, Anda sebaiknya melihat dari segi kelebihan kekurangan. Pertimbangkan pula dari segi bagaimana cara pemasangan parket. Untuk tampilannya sendiri baik vinyl maupun parket akan terlihat sama elegannya karena vinyl bisa menampilkan motif yang elegan juga.

Tag: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *